Senin, 25 Januari 2010

Pansus punya motif menjatuhkan Sri Mulyani dan Budiono

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas) mendesak agar tim Panitia Khusus (Pansus) DPR yang menangani kasus Bank Century (kini Bank Mutiara) memanggil para bankir untuk dimintai keterangannya. Pasalnya, para bankir merupakan stakeholder terpenting yang seharusnya dimintai pendapat soal bank.
Demikian disampaikan Ketua Perbanas Sigit Pramono, seusai Dialog Perbankan, Jakarta, Senin (25/1/2010). "Seharusnya ketika bicara mengenai penyelamatan bank, sekurang-kurangnya para bankir diundang untuk memberikan pendapat dan kesaksiannya," ujar Sigit.
Seperti diketahui, dana talangan Bank Century (kini Bank Mutiara) senilai Rp 6,7 triliun yang dikucurkan saat krisis ekonomi global menuai kontroversi. Menurut Sigit, para bankir-lah yang paling merasakan langsung situasi krisis saat itu.
"Kami yang merasakan langsung deg-degan bagaimana situasi krisis. Kami merasakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok, depresiasi terendah, dan hal-hal lain. Mungkin, orang yang tidak langsung dengan perbankan tidak merasakan was-was," tukasnya.
Sigit mengakui, hingga kini pihaknya belum dihubungi Pansus untuk dimintai keterangannya. Meski demikian, dirinya mengaku siap bila dipanggil Pansus nantinya.
"Belum tahu, tetapi kami siap saja memberikan masukan dari perspektif perbankan. Kami sekarang hanya bisa menyampaikan soal ini lewat media, soalnya kan kami tidak bisa meminta agar Pansus agar kami dipanggil," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Network