Sabtu, 30 Januari 2010

iPad,Belum Beredar Sudah Banyak Dicari

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun iPad belum beredar di Indonesia, respon masyarakat terhadap "tablet" besutan Apple yang baru diluncurkan di San Fransisco, AS, Rabu (27/1/2010) itu cukup baik. Setidaknya begitulah yang dikatakan seorang staf penjualan iBox, reseller resmi Apple, Ary, saat ditemu di kantor iBox, Kuningan, Jakarta, Jumat (29/1/2010).

Menurut Ary, sejak hari pertama iPad di luncurkan di San Fransisco, peminat yang menanyakan produk tersebut di tokonya cukup banyak. "Hari ini saja sudah lima orang yang tanya," katanya. Dikatakan Ary, menanggapi pertanyaan para peminat iPad yang datang, Ary hanya bisa tersenyum dan mengatakan kalau barangnya belum ada. Rencananya, iPad akan masuk ke Indonesia pada Maret-April tahun ini.

Sebagai penjual, Ary juga meramalkan bahwa pasaran iPad di Indonesia akan cukup bagus dan banyak peminatnya, apalagi menurut Ary, orang Indonesia selalu suka produk baru. Menurut Ary, sasaran penjualan iPad kemungkinan adalah kaum eksekutif muda yang hobi tampil trendi dan serba praktis. "Paling ke eksekutif muda mbak. Bentuknya (iPad) kan fleksibel, gayanya, prestisius," ujar Ary sambil menunjukkan tampilan iPad pada sebuah layar komputer.

Mengenai harga pasti iPad, pihak iBox belum dapat menentukan. Kemungkinan harganya akan 20 persen lebih tinggi dari harga aslinya sekitar 499-829 dollar AS. "Harga tergantung kurs dollar juga," imbuh Ary.

Dikatakan Ary, iBox berencana memasarkan dua varian iPad yakni yang hanya dilengkadi WiFi dan yang dilengkapi WiFi sekaligus 3G GSM. iPad adalah "tablet" keluaran Apple yang tampilannya mirip iPhone. Fungsi iPad tak kalah dengan notebook yang bisa digunakan untuk mengakses multimedia, berselancar di web, dan bekerja. Berisi prosesor buatan sendiri yakni Aple A4 1 GHz, baterai iPad tahan aktif hingga 10 jam dan standby hingga sebulan.

Di dalam iPad juga terdapat iTunes yang memudahkan pengguna mengunduh aplikasi, musik, dan video. Terdapat pula aplikasi iBooks agar pengguna dapat membaca dan mengunduh e-book langsung dari internet. iPad juga didukung aplikasi iWork yang sudah dimodifikasi sehingga tetap bekerja optimal di perangkat dengan spesifikasi hardware jauh dari Mac.



Nama iPad Masih Bermasalah..

Penggunaan nama iPad sebagai merek perangkat tablet buatan Apple ternyata masih bermasalah. Merek dagang tersebut masih diprebeutkan banyak perusahaan. Setidaknya ada lima perusahaan yang mengklaim, selain Apple, ada Fujitsu, Siemens, Coconut Grove Pads, dan Magtek.

"Sepengetahuan kami nama tersebut adalah milik kami," ujar Masahiro Yamane, juru bicara Fujitsu, dikutip New York Times, Kamis (28/1/2010). Ia mengatakan pihaknya sudah mengetahui rencana Apple menggunakan merek tersebut sebelumnya dan telah menunjukan kuasa hukum untuk mengurusnya.

Fujitsu sudah mendaftarkan nama iPad sebagai merek dagang sejak tahun 2003. Nama tersebut digunakan untuk perangkat genggam yang membantu pengelola toko ritel untuk mengecek harga dan ketersediaan barang setiap saat.

Fujitsu iPad bekerja dengan sistem operasi Microsoft CE.NET, berlayar sentuh 3,5 inci, dan menggunakan prosesor Intel. ia dilengkapi WiFi dan Bluetooth serta mendukung telepon lewat internet (VoIP).

"Mobile juga menjadi kata kunci untuk Fujitsu iPad. Dengan iPad, pekerja tidak perlu lagi selalu di depan komputer. Semuanya bisa dilakukan di genggaman tangannya," ujar Yamane.

Namun, kantor paten AS membatalkan merek dagang iPad untuk Fujitsu pada awal 2009 lalau. Alasannya, nama tersebut sudah lebih dulu didaftarkan Magtek, perusahaan keamanan teknologi informasi di Seal Beach, California, AS untuk perangkat genggam pengenkripsi PIN. Tak lama kemudian Fujitsu memperbaiki pendaftaran merek iPad pada Juli tahun lalu.


SPESIFIKASI
iPad buatan Apple diposisikan sebagai kategori baru perangkat komputer jinjing di antara laptop dan smartphone. Sebagian besar fitur yang disediakan di dalamnya tak beda dengan iPhone namun dengan tampilan layar lebih lebar. Namun, Apple juga membenamkan fitur baru yang baru ditemukan di perangkat ini.

Apple menawarkan iPad dalam enam varian dengan kisaran harga dari 499 hingga 829 dollar AS. Hal tersebut tergantung ukuran memori yang tersedia dalam 3 pilihan, yakni 16 GB, 32 GB, dan 64 GB, serta dua pilihan model masing-masing hanya dengan koneksi WiFi atau WiFi dan 3G GSM. Untuk sementara iPad baru tersedia di AS. Namun, dalam 2-3 bulan akan dikirimkan ke seluruh dunia.

Apa saja spesifikasi iPad sehingga menyedot perhatian para pecinta gadget dalam beberapa bulan bahkan beberapa tahun terakhir ini? Cek satu demi satu sebagai pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk memiliki atau tidak.

Berikut spesifikasi iPad:

Ukuran:
- Panjang: 24,8 cm
- Lebar: 18,97 cm
- Tebal: 1,34 cm
- Berat: 0,68 kg (WiFi model) dan 0,73 kg (WiFi + 3G model)

Layar:
- 9,7 inci LED backlit glossy widescreen multitouch dengan teknologi IPS
- Resolusi 1024x768 pixel dengan 132 pixel per inci
- Dilapisi fingerprint resistant oleophobic
- Mendukung penulisan banyak bahasa dan karakter secara bersamaan

Kapasitas memori:
- Flash drive 16 GB, 32 GB, atau 64 GB

Prosesor
- Apple A4 1 GHZ

Sensor:
- Akselerometer
- Ambient light sensor

Baterai
- Baterai Lithium polymer
- Daya tahan hingga 10 jam waktu aktif dan satu bulan waktu standby

Audio playback:
- Mendukung format AAC (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung format Protected AAC (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung format MP3 (16 hingga 320 Kbps)
- Mendukung MP3 VBR, Audible (format 2,3, dan 4), Apple Losless, AIFF, dan WAV

Koneksi
Untuk WiFi model
- WiFi 802.11 a/b/g/n
- Bluetooth 2.1 + teknologi EDR

Untuk WiFi + 3G model
- UMTS/HSDPA triband (850, 1900, dan 2100 MHz)
- GSM/EDGE quabband850, 900, 1800, dan 1900 MHz)
- WiFi 802.11 a/b/g/n
- Bluetooth 2.1 + teknologi EDR

Input dan output
- Dock connector
- 3,5 mm stereo headphone jack
- Built in speaker
- Microphone
- SIM card tray (untuk model WiFi + 3G)

Layanan berbasis lokasi
- WiFi
- Kompas digital
- Assisted GPS (khusus model WiFi + 3G)
- Seluler (khusus model WiFi + 3G)

TV dan video
- Mendukung format video H.264 hingga 720p, .m4v, .mp4, .mov, MPEG-4.

Tombol eksternal
- On/off/sleep/wake
- Mute
- Volume naik atau turun

Fitur dan Aplikasi utama:
- Browser Safari untuk akses web.
- Mail untuk membaca e-mail.
- Photos untuk mengelola arsip foto.
- Video untuk memutar file video.
- YouTube untuk melihat video langsung ke YouTube tanpa melalui webnya.
- iPod untuk memainkan musik
- iTunes untuk mengunduh musik dan video
- App Store untuk mengunduk aplikasi
- iBooks untuk membaca dan mengunduh e-book dari iBooks Store
- Maps untuk melihat peta resolusi tinggi dari satelit dan Street View Images.
- Notes untuk membuat catatan bebas.
- Calendar untuk membuat agenda.
- Contacts untuk mencatat data telepon, email, dan web teman.
- Home screen untuk mengatur tampilan layar
- Spotlight search untuk melakukan pencarian cepat di semua bagian hanya dengan mengetikkan keyword.



Ketinggalan dengan nokia n900???

Jangan kecewa bila Anda penggila produk Apple dan ingin membeli iPad. Soalnya, Apple iPad tak mendukung Flash. Artinya, produk ini tidak bisa maksimal mengakses internet. Produk ini juga sebenarnya ketinggalan dengan produk yang sudah ada sebelumnya, yakni Nokia N900.

Tidak dipakainya fitur Flash pada iPad tentu saja memicu kekecewaan pihak Adobe, yang selama ini berjuang mati-matian untuk menghadirkan teknologi Flash miliknya di handset iPhone, namun hingga kini hasilnya juga masih nihil.

Lewat blognya, Product Marketing Manager Adobe Flash Adrian Ludwig mengaku kecewa karena iPad tak mendukung Flash. “Sepertinya Apple memang sengaja membatasi perangkat-perangkat mereka dari para penerbit konten maupun para konsumen,” ucap Adrian, yang dikutip dari TG Daily, Jumat (29/1).

Padahal, kata Adrian, tanpa dukungan Flash pengguna iPad tak mampu mengakses konten-konten web secara utuh, termasuk 70 persen games untuk ponsel, maupun 75 persen konten video yang dipajang di Internet.

“Pengguna iPad tidak akan bisa mengakses situs-situs Disney, Hulu, Miniclip, Farmville, ESPN, Kongregate, atau JibJab, juga jutaan situs lain di web,” kata Adrian.

Apalagi, penikmat ebook yang jamak menggunakan format file Epub, mereka tak akan bisa mengakses konten ePub, dengan teknologi DRM yang ada di dalam Apple iPad tanpa Flash, Adrian menambahkan.

Bila dibandingkan dengan tablet internet besutan Nokia, N900 yang berprosesor TI OMAP 3 600 MHz, tentu saja iPad ketinggalan. Pasalnya, N900 sudah mampu menjalankan Flash dengan mulus.

Begitu juga dengan perangkat Palm Pre yang telah mengadopsi sistem operasi webOS 1.4, yang juga bakal mendukung Flash. Padahal, prosesor iPad yang menggunakan teknologi ARM Cortex A9 1 GHz, lebih canggih dari prosesor N900 yang berbasis ARM Cortex A8.

Namun, Apple tentu saja tak mengakui hal ini sebagai langkah yang politis. Apple meminta para pengembang Flash untuk menciptakan teknologi yang mampu mengkonversi konten Flash menjadi aplikasi-aplikasi yang bisa terbaca pada iPad.

“Ini memungkinkan para pengembang Flash untuk membuat aplikasi-aplikasi yang bisa mendatangkan keuntungan,” ungkap Adobe. Dalam dua bulan ke depan, Adobe akan terus mencari pengembang dan desainer yang tertarik memasarkan aplikasi mereka di iTunes App Store. Karena kemiripan prosesor iPad dengan iPhone, Apple mengklaim, hingga kini sudah ada sekitar 140 ribu aplikasi yang dapat digunakan oleh iPad.



Kelemahan iPad lainnya

Komputer tablet terbaru dari Apple, iPad, digadang-digadang sebagai perangkat revolusioner. Steve Jobs, CEO Apple, bahkan sempat mengomentari perangkat ini sebagai 'hal paling penting' yang diumumkannya.

Dari sisi jeroan dan fitur yang dimiliki, Apple iPad memang cukup menjanjikan. Perangkat itu disebut-sebut bisa memiliki banyak fungsi bagi penggunanya, mulai dari e-book reader, pemutar video bahkan hingga konsol game genggam.

Meski demikian, Apple iPad tetap dianggap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut bisa jadi alasan bagi konsumen untuk tidak buru-buru mengadopsi gadget kinclong dari Apple ini.

Apa saja kekurangannya? Dikutip detikINET dari Informationweek, Kamis (29/1/2010), berikut sejumlah kelemahan-kelemahan Apple iPad:

* Tanpa Adobe flash
* Tidak dilengkapi kamera
* Tidak bisa multitasking
* Layarnya memiliki ukuran yang mungil, yakni 9,7 inchi
* Tidak menggunakan sistem operasi Mac OS
* Kapasitas penyimpanan yang kurang besar
* Baterai tidak mudah diganti
* Tidak memiliki port HDMI

Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, akankah iPad laris manis di pasaran? Kita tunggu saja.













SUMBER:
http://tekno.kompas.com/
http://www.kaskus.us/

0 komentar:

Posting Komentar

Network